Sabtu, 02 Juni 2012

Instant Messaging


3.Dampak Instant Messaging (Dampak Pesan singkat)

Perubahan besar pada kehidupan telekomunikasi dimulai beberapa tahun lalu dengan munculnya Instant Messaging (IM), Jika anda menggunakan IM,saat anda log on setiap orang dalam daftar anda bekerja dikomputer.Ini dapat berfungsi sebagai dasar cara meningkatkan visibilitas anda dalam kelompok  kerja sebagai salah satu telecommuter.
Perubahan sekarang ini dari IM adalah orang lain bisa melihat kita,namun IM itu sendiri menghasilkan beberapa masalah bagi kita dan telecommuter.

IM dan Management
Bagaimana jika  tidak ada yang  menggunakannya?
Anda bekerja sebagai telecommuter di sebuah tim group,disini IM sering digunakan sebagai cara yang informal yang diperlukan oleh seorang manager.Dengan menggunakan ini pekerjaan akan menjadi lebih mudah.Kamu melakukan pendekatan kepada teman-temanmu untuk menginstal perangkat lunak IM. Mereka bertanya apa keuntungan dari upaya tersebut dan Anda yakin ia akan berada dalam kontak yang lebih baik jika ia menggunakan IM. Apa yang Anda lakukan untuk membuat mereka menggunakannya?

Konservatif : Anda tidak perlu memberitahu manajer Anda apa yang harus Anda lakukan. Anda perlu melakukan upaya untuk memastikan dia tahu apa tidak keuntungan dari yang Anda lakukan dengan menggunakan e-mail dan panggilan telepon.
 Liberal : Anda tidak bisa memaksa mereka menggunakan IM, tetapi Anda bisa menjelaskan dengan berpartisipasi dalam percakapan penting dengan orang lain. Saat ia mengetahui keuntungan  dari ini, dia akan mulai merasa tertarik dan akan mencoba bergabung untuk menggunakannya. Tawarkan untuk membantu dia download perangkat lunak dan menunjukkan cara penggunannya kepadanya, betapa mudahnya untuk digunakan, untuk menghilangkan hambatan potensial yang terjadi.

Pendapat Kami : Tidak semua orang menggunakan IM, tetapi IM memiliki tempat dalam kehidupan kerja dari pekerja jarak jauh.IM dapat memudahkan sebuah tim yang secara terpisah untuk berkomunikasi secara baik.

Ketersediaan penggunaan –
Jika Anda berada dimana-mana
 Kelompok Anda memiliki beberapa orang yang bekerja dari kantor atau rumah.
Manajemen sangat mendorong semua orang untuk menggunakan IM sebagai cara untuk tetap berhubungan. Namun, Anda menemukan cara bekerja dengan baik ketika tidak online, dan terlebih lagi Anda menemukan gangguan dari orang-orang yang menggunakan IM tersebut. Anda berada di tempat lain dan mengasumsikan bahwa jika status Anda menunjukkan "Away" Anda tidak bekerja . Apa yang Anda lakukan dalam hal ini?

Konservatif : Anda harus berbicara dengan manajer Anda untuk menemukan cara lain baginya untuk mengikuti pekerjaan Anda.

Liberal : IM adalah alat yang hebat. lebih modern, hubungan menjadi lebih baik. Mudah Menggunakannya.

Pendapat Kami: Dengan menggunakan IM untuk mengawasi kegiatan karyawan mungkin cara termudah untuk seorang manajer,tetapi IM juga mempunyai kelemahn tersendiri. Jika memang ada cara yang lain yang lebih mudah,maka sebaiknya dilakukan untuk suatu pekerjaan.


Menggunakan IM seperti  sebuah perisai – Bagaimana Anda Menghadapinya?
Anda bekerja di Seattle sebagai bagian dari kelompok pemasaran kecil untuk sebuah perusahaan internet yang terkenal di Chicago.Anda sering berinteraksi dengan tim pemasaran Chicago dan telah menggunakan IM sebagai cara yang baik untuk mengembangkan Direktur relationship. Direktur  Manajemen Produk Anda adalah pengguna berat  IM, dan ketika Anda ditugaskan untuk sebuah proyek yang menggunakan IM untuk check in dengan dia tentang kemajuan usahanya. Direktur Anda menjadi curiga dan cemburu dari peran kelompok Seattle. Karena saat itu dia  menemukan status anda tidak menggunakan IM. Dalam percakapan dengan anggota tim lainnya, Anda belajar bahwa cerita ini benar-benar di meja kerjanya dan menggunakan IM untuk berkomunikasi dengan mereka tentang proyek lainnya. Terbukti, ia telah memblokir Anda di IM sehingga Anda tidak dapat melihat ketika ia tersedia. Apa yang Anda lakukan jika Anda menghadapi hal ini?

Konservatif : Ada sedikit yang bisa diperoleh dari menghadapi dia. Ternyata, dia tidak ingin untuk menjaga hubungan akrab dengan Anda. Anda harus menghormati keputusan itu dan menggunakan e-mail untuk melanjutkan komunikasi proyek Anda.

Liberal : Hadapi dia dan membiarkan dia tahu Anda menyadari bahwa ia menghindari Anda.

Pendapat Kami: Apapun yang sudah menjadi keputusannya,biarkanlah.kita lanjutkan saja pekerjaan yang akan kita kerjakan.




Referensi        :  IT Ethics Handbook
                           Right and Wrong for IT Professionals
                           Stephen Northcutt
                           Director of Training & Certification, The SANS Institute

Tidak ada komentar:

Posting Komentar